Melihat SSG Dari Dekat

SIARNUSA.com - SSG (Seamless Shift Gearbox), atau istilah Indonesia-nya "transmisi tanpa jeda" adalah teknologi yang memungkinkan motor (prototype di MotoGP) melakukan perpindahan gigi dengan luarbiasa cepat dan tepat. Teknologi ini dianggap sebagai sintesa dari Manual Transmission (MT) dan Automatic Transmission (AT), yang sudah ada terlebih dahulu. Sehingga kadang, sistem transmisi ini disebut juga dengan AMT (Automated Manual Transmission).

 

Teknologi ini tentu tak asing bagi anda yang mengikuti perkembangan MotoGP belakangan ini. Sebab, sistem transmisi inilah yang selalu diminta Valentino Rossi kepada Yamaha agar dipasang di M1-nya menyusul keluhannya perihal performa motornya ketika bersaing dengan tim Honda. Hal ini tentu sangat wajar, karena SSG sudah lama diaplikasikan oleh tim pabrikan Honda dan Ducati sejak musim lalu.

 

Sistem perpindahan gigi yang sudah lama dianut di ajang balap Formula1 ini pada prinsipnya menghilangkan jeda antar gigi yang berpotensi menghilangkan torsi ketika masuk di gigi selanjutnya. Berikut manfaat dari SSG:

1.    Tak ada hentakan ketika gigi dinaikkan, tanpa perlu meredam tenaga mesin. Akselerasi pun efektif, motor lebih jinak, handling pun meningkat.

2.   Tak ada engine brake percuma ketika turun gigi, karena ECU me-monitoring RPM motor dan menurunkan transmisinya di saat yang tepat.

3.       Efektifitas transmisi berimbas kepada pembakaran yang tepat sehingga motor tentu lebih hemat bahan bakar, hal ini tentu menjadi krusial mengingat dalam ajang balap ada regulasi yang membatasi kapasitas tangki bahan bakar.

Meski digadang-gadang menjadi rahasia dominasi Honda (kecuali Ducati), namun teknologi ini bukan tanpa kekurangan, gearbox ini diragukan kemampuannya ketika digunakan melibas track menanjak, belum lagi bobotnya yang lebih berat dari gearbox konvensional sehingga menambah bobot motor secara keseluruhan. Untuk detail lebih jelasnya, silahkan kunjungi www.zeroshift.com mengenai transmisi yang dikabarkan akan mulai digunakan juga oleh tim Yamaha pada MotoGP seri Indianapolis akhir minggu ini.